Connect with us

Profil Kabupaten Minahasa Selatan

Minahasa Selatan (Minsel) adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan Ibukota Amurang. Jarak dari Amurang ke Ibukota Provinsi, Manado kurang lebih 64 km. Kabupaten ini menyimpan banyak potensi. Baik budaya, adat istiadat, wisata dan sumber daya lainnya. Tak hanya itu, Minsel juga menyimpan banyak rekam jejak sejarah. Dari sejarah pemberontakan Perjuangan Rakyat Semesta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 1958—1961, petualangan para penjelajah Portugis ke Jazirah Utara Sulawesi, hingga bekas tempat para leluhur Minahasa membangun peradaban.

Minsel dulunya masuk dalam wilayah Kabupaten Minahasa yang alami pemekaran pada tanggal 4 Agustu 2003 berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara oleh DPR RI. Sejak dimekarkan, tercatat sudah 7 bupati yang memimpin daerah ini. Sekarang, Minsel dipimpin oleh seorang perempuan tangguh yang juga terkenal dengan paras cantiknya, Christiany Eugenia Paruntu. Perempuan kelahiran Manado25 September 1967 ini terhitung sudah menjabat bupati Minsel sejak tahun 2010 hingga sekarang.

Saat ini berdasarkan data Pemerintahan Kabupaten Minsel, total penduduk Minsel ada sebanyak 204.983 jiwa, tersebar di 17 Kecamatan. Dan berdasarkan sensus penduduk tahun 2015, mayoritas penduduk Minsel beragama Kristen Protestan 85.41%, sedangkan Islam 10.58%, Katolik 3.30%, Buddha 0.70%, Konghucu 0.006% Dan Hindu 0.004%.

Dalam perspektif regional, Minsel berada pada posisi strategis, karena berada pada jalur lintas darat Trans Sulawesi yang menghubungkan jalur jalan seluruh provinsi di Pulau Sulawesi.  Demikian pula jalur laut untuk bagian utara, merupakan daerah perlintasan (transit)sekaligus stop over arus penumpang, barang dan jasa pada Kawasan Indonesia Tengah dan Kawasan Indonesia Timur, bahkan untuk Kawasan Asia Pasifik.  Sementara untuk jalur laut bagian selatan, sangat strategis untuk pengembangan produksi perikanan di Kawasan Timur Indonesia.

Wilayah Kabupaten Minsel sebagian besar mempunyai topografi berbukit-bukit/pegunungan yang membentang dari utara ke selatan, berpantai dan dataran rendah bergelombang dengan ketinggian 0 meter (daerah pantai)sampai dengan 1.500 meterdpl. Luas wilayah Kabupaten Minsel sesuai hasil analisis GIS (Geography Information System) adalah 1.484 km² (148.447 ha).

Berikut perinciannya :

Secara geografis, Minsel terletak antara 00,47’-10,24’ Lintang Utara dan 1240,18’-124045’ Bujur Timur.  Sedangkan secara administratif terletak di sebelah Selatan Kabupaten Minahasa, dengan batas-batas wilayah: Utara berbatasan dengan Kabupaten Minahasa, Timur berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Tenggara, Selatan berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Barat berbatasan dengan Laut Sulawesi.

 

Kabar Warga Minsel

Copyright © 20178 Matadesa.com. Operate by ZonaUtara.com. || design: Ronny A. Buol