Pengangguran di Desa dan Kota Turun – Mata Desa
Connect with us

Data

Pengangguran di Desa dan Kota Turun

Angka pengangguran di desa lebih kecil dari kota.

MATADESA.com – Angka pengangguran di desa semakin turun, dan lebih kecil dari angka pengangguran di kota. Hal itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo, dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2019 di Hotel Nusa Dua, Bali dalam keterangannya, Rabu (21/8/2019). 

Angka pengangguran di desa mengalami penurunan sebesar 1,21%. Pada 2015 angka pengangguran di desa sebesar 4,93%, sedangkan pada 2018 turun menjadi 3,72%.

“Angka pengangguran di desa lebih kecil dari angka pengangguran di kota yang mencapai 6,34% meskipun angka pengangguran di kota menurun,” ungkap Eko .

Tak hanya itu, menurut Eko, pendapatan per kapita masyarakat desa juga mengalami peningkatan dari Rp 550 ribu pada 2014 menjadi Rp 804.011 pada 2018. Rata-rata peningkatan warga desa meningkat 6,13% per tahun dalam kurun waktu tersebut.

“Dana desa membantu menaikkan income (pendapatan) per kapita di perdesaan,” ujarnya. 

Menurutnya, penurunan jumlah pengangguran dan peningkatan pendapatan per kapita masyarakat perdesaan tak lepas dari kerja keras pemerintah kabupaten dalam mengawasi dana desa. Ia berharap, Rapat Koordinasi Nasional APKASI dapat membuahkan pemikiran yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan kabupaten dan desa.

“Semoga bisa melahirkan pemikiran yang membuat legacy untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan di Indonesia,” harapnya.

Di sisi lain, Ketua APKASI, Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah kabupaten bersama APKASI ingin memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Selain itu, pemerintah kabupaten juga tengah serius mendorong penjualan UMKM melalui startup.

“Tema Rapat Kerja Nasional ini adalah Menuju Kabupaten Cerdas Melalui Digitalisasi Pelayanan Publik. Tema ini diangkat sebagai wujud komitmen seluruh pemerintah kabupaten dalam melayani masyarakat, sesuai arahan presiden,” pungkasnya.

[detik.com]

Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
  • Kisah cinta berujung penganiayaan, sang mantan pacar diringkus URC Totosik 19/11/2019
    TOMOHON, ZONAUTARA.com – Nasib sial dialami wanita berinisial GL (18), warga Tataaran, Kabupaten Minahasa, Selasa (19/11/2019) dini hari. Pasalnya, akibat menolak ajakan sang mantan untuk kembali menjalin cinta, mahasiswi ini harus mendapatkan pukulan dari mantan pacarnya, yakni RG alias Rifky (20), warga Lingkungan IV, Kelurahan Pakadoodan, Kecamatan Maesa, Kota Bitung. Peristiwa inipun diketahui oleh Tim […]
    Christo Senduk
  • LTP3G Pemuda GMIM sukses digelar 19/11/2019
    MINAHASA, ZONAUTARA.com – Latihan Tenaga Pembina Pelayanan Pemuda Gereja (LTP3G) Angkatan X Pemuda Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) sukses digelar di Wilayah Tondano Tiga jemaat GMIM Abraham Tataaran Patar, 15 hingga 17 November 2019. Kegiatan ini merupakan wadah yang strategis sekaligus upaya menempah para kader pemuda GMIM agar terus memiliki hati, wawasan, karakter dan […]
    Christo Senduk
  • Bijak hari ini: Menanam cinta 19/11/2019
    The post Bijak hari ini: Menanam cinta appeared first on Tak sekadar menyajikan berita.
    Rahadih Gedoan