Connect with us

Highlight

Baru 34 persen desa di Minut masukan SPJ Dandes 2018

Baru 42 desa yang memasukkan Surat Pertangggungjawaban (SPJ) penggunaan Dandes 2018.

MATADESA.com – Penyaluran Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) untuk tahun 2019 terhambat.

Pasalnya dari 125 desa yang akan menerima Dandes, baru 42 desa yang memasukkan Surat Pertangggungjawaban (SPJ) penggunaan Dandes 2018, atau baru 34 persen dari keseluruan desa penerima.

Inspektur Kabupaten Minut, Umbase Mayuntu mengungkapkan, masih ada 83 desa di Kabupaten Minut yang belum memasukkan SPJ Dandes Tahun Anggaran 2018.

“Diduga proyek Dana Desa TA 2018 dari desa-desa itu bermasalah, karena sulit membuat laporan pertanggungjawaban,” ungkap Umbase kepada wartawan, Senin (10/6/2019).

Inspektorat memberikan batas waktu hingga pertengahan Juli, semua desa sudah memasukkan SPJ. Jika tidak, desa-desa tersebut tidak akan menerima Dandes 2019.

Sementara bagi desa yang sudah memasukkan SPJ sudah akan menerima penyaluran Dandes tahap pertama.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minut, Bobby Nayoan berharap agar Dandes dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan rakyat.

Tahun 2019 ini, Kabupaten Minut mendapat anggaran Dandes sebesar Rp101 miliar atau naik sebanyak Rp12 miliar dari total tahun 2018 sebesar Rp89 miliar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
  • Hari kesembilan pengerjaan pembukaan jalan tembus 19/07/2019
    BITUNG – Hari Kesembilan setelah dibukanya TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung, Satgas TMMD melakukan pekerjaan membuka jalan tembus yang menghubungkan Kelurahan Duasudara, Kelurahan Apela Satu dan Kelurahan Apela Dua. Rilis dari Penerangan Kodim Bitung, bahwa pembukaan jalan baru sudah mencapai sekitar 3.700 Meter dari panjang jalan 4.400 Meter. Pekerjaan buka jalan baru ini sedikit terkendala dikarenakan […]
    Gary Kaligis
  • TNI jamah daerah terisolir 19/07/2019
    BITUNG – Bagaimana berkehidupan bersosialisasi yang baik, bagaimana menjadi warga negara yang baik dan bagaimana menumbuhkan rasa nasionalisme, akan disampaikan melalui penyuluhan-penyuluhan. “Nanti ada penyuluhan seperti wawasan kebangsaan, bela negara, penyuluhan hukum, penyuluhan narkoba, tentang pertanian, kesehatan dan masih banyak lainnya,” ungkap Dan SSK Lettu Inf Julen T. Kasiaheng. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan […]
    Gary Kaligis
  • Ibu-ibu ikut bantu Satgas TMMD 19/07/2019
    BITUNG – Kodim 1310/Bitung melalui TMMD ke-105 TA. 2019 yang dilaksanakan di Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, dalam hal ini, warga sekitar bersama satgas TMMD tampak kompak dan antusias bahu membahu mengerjakan sasaran fisik. Menariknya, tidak hanya kalangan pria saja yang terjun membantu TNI untuk mengerjakan sasaran fisik TMMD tersebut, tetapi kalangan ibu-ibu juga […]
    Gary Kaligis

Copyright © 20178 Matadesa.com. Operate by ZonaUtara.com. || design: Ronny A. Buol