Connect with us

Feature

Yasti Larang Petahana Sangadi Gunakan Dandes Untuk Pilkades

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagouw

MATADESA.com – Sebanyak 105 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2019 ini.

Tahapannya akan bergulir dalam waktu dekat. Menariknya, informasi lain yang dirangkum, dari jumlah tersebut, rata-rata kepala desa petahana masih berkeinginan untuk kembali mencalonkan diri.

Hal ini menarik perhatian Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow. Menurut Yasti, calon petahana dinilai rawan menyalahgunakan kewenangannya dalam proses pencolanan kembali. Termasuk penggunaan dana desa (dandes) maupun alokasi dana desa (ADD).

“Saya minta kepada para sangadi (kepala desa) yang akan maju dalam pemilihan sangadi nanti, agar tidak menggunakan dana desa untuk kepentingan pencalonan kembali. Karena hal tersebut dapat mengorbankan kepentingan masyarakat desa serta akan berurusan dengan hukum,” kata Yasti, saat memimpin apel kerja perdana pasca libur nasional dan cuti bersama hari raya Idul Fitri tahun 1440 hijriah, tahun 2019 masehi, di halaman kantor Bupati, Senin (10/6/2019).

Yasti menegaskan, bahwa dana desa bukan milik pribadi. Sehingga jangan digunakan untuk kepentingan pribadi, apalagi untuk pencalonan kembali sebagai sangadi.

Yasti menuturkan, penggunaan Dandes dan ADD harus berdasarkan pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2019.

“Sampai saat ini masih banyak laporan dari masyarakat, terkait dengan penyalahgunaan dana desa tahun 2018 lalu, yang tentunya sangat merugikan keuangan negara serta tidak membawa manfaat bagi masyarakat desa itu sendiri. Sehingga itu, disetiap kesempatan saya selalu mengingatkan. Jangan sampai nanti bermuara pada konsekuensi hukum,” tutur Yasti.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada para sangadi yang akan berakhir masa jabatannya, untuk segera menyampaikan laporan pertanggungjawaban selama menjabat sangadi, serta menyerahkan aset desa kepada penjabat sangadi yang baru.

Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
  • Jokowi janji bangun 4000 BTS saat resmikan Palapa Ring 14/10/2019
    "Tol Langit" ini menghubungkan 514 kabupaten/kota dengan jaringan serat optik.
    Ronny Adolof Buol
  • Taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat magang di Tomohon 14/10/2019
    TOMOHON, ZONAUTARA.com – Sebanyak 10 orang Taruna-Taruni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kementerian Perhubungan RI bakal melakukan magang di Kota Tomohon. Para Taruna yang merupakan peserta Praktik Kerja Lapangan (PKL) Prodi D-3 LLAJ ini diterima Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold V. Lolowang didampingi Asisten Kesejahteraan Rakyat ODS Mandagi, Kepala Dinas Perhubungan Daerah Kota Tomohon Hengky […]
    Christo Senduk
  • Pemkot Tomohon dan KPU-Bawaslu teken NPHD Pilkada 2020 14/10/2019
    TOMOHON, ZONAUTARA.com – Setelah melalui sejumlah pembahasan, anggaran hibah untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon tahun 2020 telah disepakati. Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pun telah resmi ditandatangani antara Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon bersama para pelaksana Pilkada, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), di […]
    Christo Senduk

Copyright © 20178 Matadesa.com. Operate by ZonaUtara.com. || design: Ronny A. Buol