Connect with us

Feature

Yasti Larang Petahana Sangadi Gunakan Dandes Untuk Pilkades

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagouw

MATADESA.com – Sebanyak 105 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2019 ini.

Tahapannya akan bergulir dalam waktu dekat. Menariknya, informasi lain yang dirangkum, dari jumlah tersebut, rata-rata kepala desa petahana masih berkeinginan untuk kembali mencalonkan diri.

Hal ini menarik perhatian Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow. Menurut Yasti, calon petahana dinilai rawan menyalahgunakan kewenangannya dalam proses pencolanan kembali. Termasuk penggunaan dana desa (dandes) maupun alokasi dana desa (ADD).

“Saya minta kepada para sangadi (kepala desa) yang akan maju dalam pemilihan sangadi nanti, agar tidak menggunakan dana desa untuk kepentingan pencalonan kembali. Karena hal tersebut dapat mengorbankan kepentingan masyarakat desa serta akan berurusan dengan hukum,” kata Yasti, saat memimpin apel kerja perdana pasca libur nasional dan cuti bersama hari raya Idul Fitri tahun 1440 hijriah, tahun 2019 masehi, di halaman kantor Bupati, Senin (10/6/2019).

Yasti menegaskan, bahwa dana desa bukan milik pribadi. Sehingga jangan digunakan untuk kepentingan pribadi, apalagi untuk pencalonan kembali sebagai sangadi.

Yasti menuturkan, penggunaan Dandes dan ADD harus berdasarkan pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2019.

“Sampai saat ini masih banyak laporan dari masyarakat, terkait dengan penyalahgunaan dana desa tahun 2018 lalu, yang tentunya sangat merugikan keuangan negara serta tidak membawa manfaat bagi masyarakat desa itu sendiri. Sehingga itu, disetiap kesempatan saya selalu mengingatkan. Jangan sampai nanti bermuara pada konsekuensi hukum,” tutur Yasti.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada para sangadi yang akan berakhir masa jabatannya, untuk segera menyampaikan laporan pertanggungjawaban selama menjabat sangadi, serta menyerahkan aset desa kepada penjabat sangadi yang baru.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
  • Liputan tentang Mangrove di Lolak 15/12/2019
    Kontributor Zonautara.com mendapat pendanaan liputan tema lingkungan, yang menyorot soal mangrove di pesisir pantai Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondouw. The post Liputan tentang Mangrove di Lolak appeared first on Tak sekadar menyajikan berita.
    Ronny Adolof Buol
  • Awali rangkaian NSCF, Santa Fun Run 5K spektakuler 14/12/2019
    MANADO, ZONAUTARA.com – Rangkaian kegiatan North Sulawesi Christmas Festival (NSCF) 2019 resmi dimulai Sabtu (14/12/2019). Santa Fun Run 5K pun menjadi kegiatan pembuka. Kegiatan yang mengambil start dari Best Western Lagoon Hotel dan finish di area parkiran Bank SulutGo Marina Plaza ini pun berlangsung spektakuler. Pasalnya, lebih dari 300 pelari berkostum Santa Claus ikut dalam […]
    Christo Senduk
  • Bapemperda warning perangkat daerah tak hadiri rapat pembahasan 13/12/2019
    TOMOHON, ZONAUTARA.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon menggelar rapat pembahasan bersama perangkat daerah terkait di ruang rapat Sekretariat DPRD, Jumat (13/12/2019). Rapat pembahasan tersebut dipimpin langsung Ketua Bapemperda Hudson D.N Bogia didampingi Wakil Ketua Jenny Sompotan, Sekretaris bukan anggota Sigie Pungus, serta nggota James Kojongian, Donald Pondaag, […]
    Christo Senduk