Connect with us

Talaitad Utara

Mengenal Desa Talaitad Utara, Kecamatan Suluun Tareran

zonautara.com
Lansekap Talaitad Utara. (Foto: Zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

Desa Talaitad Utara adalah salah satu desa di Kecamatan Suluun-Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan, Propinsi Sulawesi Utara.

Mata pencarian penduduk setempat pada adalah petani/pekebun, pedagang, peternak, tukang kayu, tukang mesin, sopir, PNS, pegawai swasta dan wiraswasta lainnya.

Pertanian dan perkebunan diantaranya cengkeh dan kelapa. Penghasilan lainnya berupa penghasil gula aren/gula merah dan cairan metanol yang berasal dari sari nira pohon aren yang disuling dan biasa disebut orang dengan nama cap tikus.

Minuman metanol ini atau cap tikus dan gula merah merupakan mata pencaharian terbesar yang ditekuni oleh masyarakat Talaitad Utara, selain tanaman cengkeh yang berbuah dua tahun sekali.

Nama Desa Talaitad Utara berasal dari nama desa Talaitad (induk) yang berada di sebelah utara. Kata Talaitad, konon berasal dari Mataraitak atau bunyi tetasan air yang jatuh di bebatuan.

Desa Talaitad Utara adalah desa hasil pemekaran dari Desa Talaitad, yang telah melalui berbagai proses musyawarah, dan ditetapkan pada tanggal 13 Oktober 2011 melalui Rapat Paripurna DPRD Minahasa Selatan, bersama dengan 6 desa lainnya yaitu: Desa Maliku ILansot; Kakenturan Utara; Pinasungkulan Utara; Makasili Lolombulan; dan Lowian I.

Sejak ditetapkan, Desa Talaitad Utara telah dipimpin oleh:

1. Hensty V.O. Assa (16 Desember 2011 s/d 06 Pebruari 2013).
Merupakan Penjabat Hukum Tua Talaitad Utara, yang ditunjuk oleh Hukum Tua Talaitad Ventje A. N. Mangindaan, S.Th, dan dibahas dan disetujui oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta dilantik/diresmikan oleh Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, SE., pada tanggal 16 Desember 2011 di Balai Pertemuan Desa Talaitad.

2.Nixon Danderson Rorong (06 Pebruari 2013 s/d Sekarang).
Merupakan Hukum Tua Definitif pertama hasil pemilihan langsung masyarakat dengan suara terbanyak, pada tanggal 28 November 2012. Yang dilantik oleh Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, SE., pada tanggal 06 Pebruari 2013 di Desa Kapoya Kecamatan Suluun Tareran.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement