Connect with us

Feature

Ngongo, Jejak Peninggalan Sejarah di Desa Maliku

matadesa.com

AMURANG, MATADESA.com – Berbagai peninggalan sejarah tersimpan rapi di Desa Maliku, Kecamatan Amurang Timur, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Salah satunya, gua yang oleh warga desa disebut Ngongo.

Hukum Tua Desa Maliku Ferry Pieters Pandey pun mengajak Tim Redaksi Zona Utara mengunjungi peninggalan sejarah yang berada sekitar 50 meter dari desa tersebut.

Ferry mengungkapkan, dari cerita para orang tua di Desa Maliku, keberadaan gua tersebut sudah ada sebelum zaman penjajahan.

“Kami di sini menyebutnya Ngongo, tidak tahu siapa dan kapan dibuat. Karena selain itu, sejarah tentang Desa Maliku ini telah lama hilang,” ujar Ferry.

Hingga saat ini, belum pernah ada seorang pun yang menelusuri jejak gua yang berdiameter sekitar 7 meter dan terletak di pinggiran sungai tersebut. Masyarakat setempat pun tidak berani untuk masuk lebih dalam ke gua yang di dalamnya terdapat air jernih dan juga sarang burung walet dan kelelawar itu.

Konon, kata Ferry, berdasarkan cerita tetua di kampung tersebut, gua tersebut tak hanya sebatas mata memandang, melainkan gua tersebut tembus ke bagian lain bukit di desa tersebut.

matadesa.com

Goa Ngongo di Desa Maliku. (Foto: matadesa.com/Tonny Rarung)

Menurut Ferry, selain keberadaan goa tersebut, di Desa Maliku juga terdapat sejumlah batu prasasti yang diyakini berasal dari zaman dahulu.

“Desa ini seperti yang dikisahkan orang tua kami dahulu, sudah ada sejak tahun 1600-an, banyak batu yang punya nilai sejarah, yang menurut kami punya hubungan dengan keberadaan desa ini,” jelasnya.

Kini dengan keberadaan goa dan beberapa batu bersejarah, Ferry bersama perangkat desa serta masyarakat, tengah merintis tempat tersebut menjadi destinasi wisata sejarah.

“Tahun 2018 ini, kami sudah memasukkan ke dalam rencana pengembangan potensi pariwisata yang ada di desa, mulai dari konsep, anggaran dan pengelolaannya. Sehingga, hal ini bisa memberi nilai tambah bagi warga desa Maliku,” pungkasnya.

 

Penulis: Lukman Polimengo
Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
  • KPU Sulut ‘tak loloskan’ bakal Cagub dan Cawagub Perseorangan 17/02/2020
    MANADO, ZONAUTARA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar sosialisasi Penyerahan Dukungan Bakal Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur di aula Sekretariat KPU Sulut, Jumat (14/2/2020). Selain menyajikan materi-materi, sosialisasi ini disertakan dengan simulasi tata cara penyerahan dukungan, dihadiri oleh perwakilan partai politik (Parpol) dan pers. Yang menarik dalam simulasi, pasangan calon (paslon) […]
    Christo Senduk
  • KPU Tomohon umumkan calon PPK terpilih, tanggapan masyarakat masih terbuka 17/02/2020
    TOMOHON, ZONAUTARA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon telah mengumumkan hasil seleksi wawancara calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Sabtu (15/2/2020). Di mana, ada sebanyak 25 calon terpilih yang dinyatakan lulus dalam tahapan seleksi wawancara berdasarkan peringkat. Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Divisi SDM dan Sosialisasi Stenly Kowaas mengatakan, selain mengumumkan nama-nama […]
    Christo Senduk
  • Ketambahan 21 spesies baru, Indonesia punya 1.794 spesies burung 17/02/2020
    Ada empat spesies yang keluar dari daftar sebelumnya. The post Ketambahan 21 spesies baru, Indonesia punya 1.794 spesies burung appeared first on Tak sekadar menyajikan berita.
    Reporter ZonaUtara