Connect with us

Kota Menara

Ada Kota X Di Kaki Gunung Soputan?

matadesa.com

MINSEL, MATADESA.com – Pernahkah sebelumnya anda mendengar nama Kota X? Sebutan Kota X ini ternyata pernah menjadi nama dari satu desa di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Itulah Desa Kotamenara. Desa tersebut berada di kaki gunung Soputan, yang masuk wilayah Kecamatan Amurang Timur. Bagi para pelaku sejarah Pergerakan Rakyat Semesta (Permesta), sebutan Kota X itu pastilah bukan satu hal yang asing. Pasalnya, sejak 1950 Kotamenara dijadikan pusat dari Batalyon X Permesta. Tak heran kemudian orang-orang jadi familiar dengan sebutan Kota X.

Hal ini dibenarkan Hukum Tua (Kumtua) Kotamenara Joyke Sondakh. Menurutnya, berdasarkan sejarah desa yang disusun JF Meruntu dan JJ Aring pada tahun 1979, waktu dijadikan basis pertahanan Batalyon X, Kumtua Kotamenara kala itu adalah Alfrits Rambitan.

“Sesudah pergelokan Permesta, sebagian besar masyarakat asal Desa Kanonang tetap menetap di Kotamenara. Alfrits Rambitan yang juga berasal dari Desa Kanonang kembali ke desanya. Oleh kekosongan pemerintahan tersebut, rakyat kemudian menunjuk Benyamin Lolowang sebagai Pejabat Kumtua sejak 1962 hingga 1963,” terang Joyke, Jumat (16/2/2018).

Akibat adanya suatu peristiwa, menurut Joyke, rakyat menunjuk EF Sondakh menggantikan Benyamin Lolowang sebagai Pejabat Kumtua, yaitu dari tahun 1964 sampai 1968. Sejak pemerintahan ini, masyarakat di Kotamenara ingin terhubung dengan sebuah kecamatan atau Distrik II.

“Ketika menghubungi Distrik II Kawangkoan, Kotamenara tidak menerima. Setelah menghubungi pemerintahan Distrik II Tombasian Amurang, barulah diterima oleh Hukum Kedua J Pattylima. Mulai dari itu, Kotamenara berada di wilayah Amurang hingga kini,” jelas Kumtua Kotamenara itu.

 

Penulis: Rahadih Gedoan
Editor: Rahadih Gedoan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Warga Minsel

Copyright © 20178 Matadesa.com. Operate by ZonaUtara.com. || design: Ronny A. Buol