Connect with us

Feature

99 Persen Penduduk Kotamenara Hidup Dari Hasil Captikus

matadesa.com

MINSEL, MATADESA.com – Sekitar 99 persen penduduk Kotamenara hidup dari hasil pertanian. Mereka rata-rata menyadap nira pohon Aren untuk diolah jadi minuman tradisional Captikus dengan kadar alkohol yang bervariasi. Selain diolah jadi Captikus, masyarakat juga memaksimalkan nira pohon Aren untuk membuat Gula Merah.

Kepala Desa atau Hukum Tua (Kumtua) Kotamenara Joyke Sondakh ketika disambangi wartawan Zona Utara di rumahnya, Jumat (16/2/2018), mengatakan bahwa itulah yang menjadi penghasilan utama masyarakat di Kotamenara.

“Masyarakat di sini mengandalkan hasil olah Captikus dan Gula Merah untuk membiayai kehidupan sehari-hari, menyekolahkan anak, dan kebutuhan lainnya. Hasil olahan tersebut dijual langsung masyarakat ke pasar,” kata Joyke.

Untuk Captikus, lanjutnya, dijual ke warung-warung hingga ke pabrik yang membutuhkan bahan dasar olahan minuman beralkohol. Setiap petani bisa memproduksi sekitar 200 liter Captikus dalam seminggu.

“Bisa dibayangkan bagaimana nasib masyarakat di sini bila peredaran Captikus makin dilarang. Masyarakat di Kotamenara pasti akan kesulitan karena selama bertahun-tahun ini masyarakat rata-rata mengandalkan hasil olah pohon Aren tersebut,” ujarnya dengan nada prihatin.

Menurutnya lagi, Kotamenara ke depan membutuhkan perhatian Pemerintah untuk menciptakan pasar yang bagus untuk penjualan Captikus dan Gula Merah. Pernah ada perusahaan dari Kota Tomohon yang ingin membeli Gula Merah dari Kotamenara namun sayangnya harga yang ditawarkan terlampau rendah sehingga tidak ada yang mau.

 

Penulis: Rahadih Gedoan
Editor: Rahadih Gedoan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
  • Liputan tentang Mangrove di Lolak 15/12/2019
    Kontributor Zonautara.com mendapat pendanaan liputan tema lingkungan, yang menyorot soal mangrove di pesisir pantai Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondouw. The post Liputan tentang Mangrove di Lolak appeared first on Tak sekadar menyajikan berita.
    Ronny Adolof Buol
  • Awali rangkaian NSCF, Santa Fun Run 5K spektakuler 14/12/2019
    MANADO, ZONAUTARA.com – Rangkaian kegiatan North Sulawesi Christmas Festival (NSCF) 2019 resmi dimulai Sabtu (14/12/2019). Santa Fun Run 5K pun menjadi kegiatan pembuka. Kegiatan yang mengambil start dari Best Western Lagoon Hotel dan finish di area parkiran Bank SulutGo Marina Plaza ini pun berlangsung spektakuler. Pasalnya, lebih dari 300 pelari berkostum Santa Claus ikut dalam […]
    Christo Senduk
  • Bapemperda warning perangkat daerah tak hadiri rapat pembahasan 13/12/2019
    TOMOHON, ZONAUTARA.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon menggelar rapat pembahasan bersama perangkat daerah terkait di ruang rapat Sekretariat DPRD, Jumat (13/12/2019). Rapat pembahasan tersebut dipimpin langsung Ketua Bapemperda Hudson D.N Bogia didampingi Wakil Ketua Jenny Sompotan, Sekretaris bukan anggota Sigie Pungus, serta nggota James Kojongian, Donald Pondaag, […]
    Christo Senduk